Wednesday, 4 February 2015

Cairo International Book Fair 2015



Rabu, 4 Februari 2014 -

Ma'radh Al-Qahirah Al-Dauly Lilkitab atau masyhurnya disebut dengan Cairo International Book Fair adalah pameran buku yang diadakan setiap tahun sekali pada akhir januari di Kairo, Mesir. Lokasinya dekat dengan Universitas Al-Azhar di Hay Sadis, Nasr City.

Pameran buku internasional Kairo ini merupakan salah satu pameran buku yang terbesar di dunia dan juga merupakan pameran buku terbesar dan tertua di negara-negara Arab.

Pada tahun 2006, pameran buku internasional Kairo ini merupakan pameran buku terbesar kedua di dunia setelah pameran buku Frankfurt, Jerman.

Sumber: Wikipedia
__________________________________________________ _ _ _ _

Hari ini, alhamdulillah aku berkesempatan untuk kesana. Ini merupakan kunjunganku yang kedua kalinya. Dan untuk tahun ini, Cairo International Book Fair diadakan untuk yang ke 46 kalinya. CIBF 2015 ini dimulai sejak tanggal 28 januari 2015 sampai 10 februari 2015. Waktu yang sangat tepat untuk mahasiswa-mahasiswa terutama Al-Azhar karena ujian termin satu sudah berakhir. Ujian tingkatku sendiri pun sudah selesai dari tanggal 20 januari kemarin.

Berangkat bersama kedua temanku, kami menuju kesana ba'da shalat zhuhur. Syukurnya hari ini cuaca sangat bersahabat. Tidak terlalu dingin dan juga tidak panas, sedang saja atau bisa dikatakan sejuk lah.

Di depan gerbang masuk CIBF
Setelah masuk, kami pun mulai menyusuri stand-stand yang ada. Tidak ketinggalan untuk narsis-narsis juga pastinya. ^^




Setelah lumayan berputar-putar kesana-kemari, sampailah kami pada saat yang genting, yaitu lapar. Hehe. Panitia pameran pasti sudah memikirkan hal ini. Mereka telah menyiapkan stand-stand untuk jajan. Tak terlalu jauh, kami pun sampai di lokasi stand-stand makanan itu. Karna memikirkan perut yang sudah memanggil-manggil, kami pun langsung menuju ke makanan berat. Untunglah disini juga ada stand makanan orang-orang asia. Kami bisa mendapatkan nasi di sana. Aku pun memesan nasi rendang sedangkan dua temanku memesan nasi ikan krispi. Yummy.


Kami tidak terlalu lama berada disana, karna entah kenapa makanan yang kami pesan itu cepat sekali hilangnya dari pandangan mata.

Setelah lumayan kenyang, kami langsung menuju kamar mandi umum untuk ambil wudhu karna memang azan ashar sudah berkumandang beberapa menit yang lalu. Karna masjid yang ada terlalu jauh, kami pun memilih sholat di taman. Disini memang biasa sholat dimana saja asal tempatnya suci.

Sehabis sholat kami tidak langsung berdiri dan berkeliling lagi, tapi istirahat sejenak dan tentunya sambil bernarsis ria lagi. :D


Narsis-narsis sudah, makan sudah, sholat juga sudah, berarti sekarang masuk ke tujuan inti yaitu mencari buku. 

Hup. Kami pun berdiri dan mulai memasuki stand-stand yang ada kembali.

Puas mencari, banyak banget sebenernya nemuin kitab-kitab bagus. Tapi setelah berfikir.. aku pun menetapkan untuk membeli kitab Fiqih Sunnah yang berjumlah 4 juzu' atau jilid. Nayamul untuk menambah bahan bacaan. Secara juga aku disini mengambil kuliah syari'ah islamiyah.

Selesai semua keinginan tercapai, kami pun bergegas pulang karena sebentar lagi akan memasuki waktu maghrib.

Yeyy. Pamerin dulu buku yang udah dibeli

Dan kami pun pulang.
___________________________________________________ _ _ _ _

Tambahan, berikut dibawah ini sebagian foto yang aku ambil di CIBF 2015 ini.

Gerbang CIBF tampak dari seberang jalan
(Model diperankan oleh.. titik-titik ^^).

Gerbang CIBF tampak bawah








Walau ini sudah masuk hari keenam, pameran buku ini masih tetap ramai.







Udah itu aja. Semoga bermanfaat. ^^

Ahmad Rofiq

Author

Seorang mahasiswa biasa di Universitas al-Azhar Kairo

0 komentar:

 
biz.